Senin, 23 Juni 2014

RPP PRAKARYA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             : SMP….
Mata Pelajaran                    : Prakarya (Teknologi Budidaya)
Kelas/Semester                    : VIII/Satu
Materi Pokok                       : Budidaya Ikan konsumsi
Alokasi Waktu                     : 4 Pertemuan (8 JP)

A.      Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar
Peserta didik mampu:
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1. Menghargai keberagaman hasil budidaya di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan.
1.1.1. Menunjukkan keberagaman hasil budidaya ikan konsumsi di daerah setempat dengan rasa syukur.
1.1.2. Menunjukkan keunggulan hasil budidaya ikan konsumsi di daerah setempat. 
2.
2.1. Meghargai rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali infor-masi tentang keberagaman produk budidaya daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia.
2.1.1. Mendeskripsikan keberagaman hasil budidaya ikan konsumsi daerah setempat melalui paparan kalimat yang santun dan mengandung rasa ingin tahu untuk menggali lebih jauh.
2.1.2. Mendeskripsikan keunggulan ikan konsumsi  di daerah setempat dengan rasa bangga akan produk Indonesia.

2.2. Mengaplikasi perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan melaksanakan kegiatan budidaya.
2.2.1. Merancang kegiatan budidaya ikan konsumsi  dengan penuh percaya diri.
2.2.2. Mempresentasikan langkah-lang-kah budidaya Ikan konsumsi  secara mandiri berdasarkan rancangan budidaya yang telah disusun.

2.3.Menghargai  kemauan bertoleransi,gotong royong, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan budidaya.
2.3.1. Menjelaskan penggunaan alat dan bahan yang digunakan dalam budidaya ikan konsumsi secara teliti dan rapi.
2.3.2. Menunjukkan penggunaan alat dengan benar, penuh kedisiplinan, dan bertanggung jawab agar alat terpelihara dengan baik.
3.
3.1. Mengidentifikasikan  desain wadah budidaya ikan  kosumsi  diwilayah  setempat




3.2 Memahami konsep  dan prosedur  pemeliharaan  ikan kosumsi sesuai wilayah setempat.
 3.1.1.Menjelaskan macam- macam  wadah  budidaya ikan konsumsi yang ada diwilayah setempat



3.2.1  Menjelaskan prosedur pemeliharaan budidaya  ikan  konsumsi dengan langkah-langkah yang sistematis dan benar.
3.2.2. Menjelaskan penggunaan alat dan bahan yang digunakan dalam budidaya ikan konsumsi secara teliti dan rapi.

4.
4.1.Mendesain  wadah budidaya  ikan kosumsi  berdasarkan  identifikasi  yang ada diwilayah setempat.



4.2 Memelihara ikan  konsumsi  berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat
4.1.1. Memilih  ikan konsumsi yang ada di wilayah setempat untuk dibudidayakan.
4.1.2  mendesain wadah   budidaya ikan konsumsi yang cocik dengan  lingkungan yang ada

4.2.1  Melakukan budidaya ikan konsumsi yang ada di wilayah setempat sesuai konsep dan prosedur yang benar.
4.1.3. Menyusun laporan hasil praktik budidaya ikan konsumsi
4.1.4. Mempresentasikan laporan hasil praktik.
C.      Tujuan Pembelajaran 
Setelah peserta didik mengikuti serangkaian proses pembelajaran budidaya ikan konsumsi ,diharapkan peserta didik dapat:
1.        Menunjukkan  rasa syukur atas keberagaman budidaya ikan konsumsi di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan dengan rasa bangga
2.        Menunjukkan rasa antusias  dalam menggali informasi tentang keberagaman budidaya ikan konsumsi daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia

1. Pertemuan 1
1.1.1.1. Berdasarkan pengamatan di daerah setempat, peserta didik dapat mengidentifikasi minimal 5 jenis ikan konsumsi yang ada di daerah sekitar.
1.1.1.2. Berdasarkan contoh-contoh ikan konsumsi yang telah diidentifikasi sebelumnya, peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian ikan konsumsi dengan benar.
1.1.2.1. Berdasarkan pengamatan, peserta didik dapat menunjukkan minimal 5  keunggulan ikan konsumsi yang ada di daerah setempat.
1.1.2.2. Setelah berdiskusi, peserta didik dapat menjelaskan cara-cara budidaya ikan konsumsi yang dapat menjadi produk unggulan, dengan tepat.
2.1.1.1.     Berdasarkan pengamatan, peserta didik dapat menyatakan pendapat tentang keberagaman produk budidaya ikan konsumsi daerah setempat dengan kalimat yang santun.
2.1.1.2.     Melalui penggalian lebih jauh dari berbagai sumber belajar (majalah, koran, buku, dan internet), peserta didik dapat menunjukkan keberagaman produk budidaya ikan konsumsi yang ada di dalam maupun di luar daerah setempat dengan lengkap.
2.2.1.1.     Setelah diskusi, peserta didik dapat menunjukkan keunggulan ikan konsumsidi daerah setempat dibandingkan dengan keunggulan ikan konsumsidi daerah lain sebagai produk Indonesia yang perlu dibanggakan, dengan benar.
2.2.1.2.     Setelah diskusi, peserta didik dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang salah satu contoh ikan konsumsiyang merupakan produk unggulan di daerah setempat dengan penuh percaya diri.

2. Pertemuan 2
2.3.1.1.      Setelah diskusi, peserta didik dapat menyebutkan alat dan bahan yang digunakan dalam budidaya ikan konsumsi secara benar.
2.3.1.2.      Setelah diskusi, peserta didik dapat menjelaskan penggunaan alat dan bahan yang digunakan dalam budidaya ikan konsumsi dengan teliti dan rapi.
2.3.2.1.     Setelah diskusi, peserta didik dapat mendemonstrasikan penggunaan alat yang digunakan dalam budidaya ikan konsumsi dengan benar.
2.3.2.2.     Dengan penuh disiplin dan rasa tanggung jawab, peserta didik dapat menggunakan alat sesuai dengan kegunaannya agar alat terpelihara dengan baik.
3. Pertemuan 3
3.3.1.1.      Berdasarkan penggalian informasi dari berbagai sumber belajar, peserta didik dapat menyebutkan 3  konsep wadah  budidaya ikan konsumsi.
3.3.1.2.      Setelah diskusi, peserta didik dapat menentukan wadah yang cocok budidaya ikan konsumsi berdasarkan kesimpulan yang diambil dari konsep-konsep yang diperoleh dari berbagai sumber belajar.
3.3.2.1.      Berdasarkan penggalian informasi dari berbagai sumber belajar, peserta didik dapat menjelaskan prosedur budidaya ikan konsumsidengan benar.
3.3.2.2.      Setelah diskusi, peserta didik dapat menuliskan langkah-langkah prosedur budidaya ikan konsumsi secara sistematis dan benar.
4. Pertemuan 4
4.3.1.1.     Berdasarkan pengamatan di wilayah setempat, peserta didik dapat mengidentifikasi  3 ikan konsumsi yang cocok untuk dibudidayakan.
4.3.1.2.     Berdasarkan pertimbangan kesesuaian dengan kondisi dan sumber daya wilayah setempat, peserta didik dapat memilih ikan konsumsi yang cocok untuk dibudidayakan.
4.3.2.1.     Setelah diskusi, peserta didik dapat mempraktikkan budidaya ikan konsumsi yang ada di wilayah setempat berdasarkan konsep dan prosedur yang benar.
4.3.2.2.     Setelah praktik budidaya ikan konsumsi , peserta didik dapat menyusun laporan hasil praktik budidaya ikan konsumsi mulai dari perencanaan, persiapan alat dan bahan, dan proses penananam ikan konsumsi hingga tumbuh dengan baik selama jangka waktu yang ditentukan dengan penuh tanggung jawab.
4.3.2.3.     Setelah praktik budidaya ikan konsumsi, peserta didik dapat mempresentasikan  laporan hasil praktik melalui unjuk kerja secara berkelompok de-ngan penuh percaya diri.

D.    Materi Pembelajaran 
1.      Pertemuan 1
1.1.      Menjelaskan   pengertian ikan konsumsi
1.2.      Menjelaskan  ikan  konsumsi di wilayah setempat dan lainnya
2. Pertemuan 2
1.3.      Menjelaskan  berbagai macam wadah Produksi Budidaya Ikan konsumsi
3. Pertemuan 3
1.4.      Teknik Wadah Ikan konsumsi
1.4.1.      Perencanaan
1.4.2.      Persiapan alat dan bahan 
1.4.3.      Macam-macam Wadah
1.4.4.      Penentuan wadah yang cocok
1.4.5.       Pembuatan wadah yang benar

2.1.            Tahapan Budidaya Ikan kosumsi
2.1.1  Menentukan  ikan  konsumsi yang cocok
2.1.2 Penyebaran bibit  ikan konsumsi
2.1.3 pemberian makanan

4. Pertemuan 4
     2.2. Pengamatan dan praktek  Budidaya ikan konsumsi

E.     Metode Pembelajaran
1.    Metode Ilmiah (Scientific Methode)
2.    Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning)
3.    Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)

F.      Sumber Belajar
1)    Buku siswa:
Paresti, S. Dkk. (2013). Prakarya SMP/MTS Kelas 7. Jakarta: Dikbud, (hal 102 -     131).
2)    Buku referensi
3)    Lingkungan sekitar
Tempat Budidaya Ikan konsumsi

G.      Media Pembelajaran
1.      Media
a.      Video Budidaya  ikan konsumsi
b.      Gambar  berbagai macam ikan konsumsi

2.      Alat dan bahan

a.      Sekop
b.      Cangkul
c.       Parang
d.      Bambu
e.       Terpal
f.        Kawat
g.      Bibit ikan lele





H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

PERTEMUAN 1
1.    Pendahuluan (10 menit)
a.    Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
b.   Motivasi
Pernahkah kamu memperhatikan ikan konsumsi di sekitarmu? Banyaknya jenis ikan konsumsi yang kamu jumpai? Apakah kamu pernah berpikir untuk membudidayakannya, sehingga kamu atau anggota keluargamu dapat memanfaatkannya?

c.    Apersepsi
Jika kamu senang  memelihara  ikan  berarti sudah dapat menjadi modal besar untuk dapat membudidayakan Ikan . Nah dengan belajar materi budidaya Ikan konsumsi , kamu akan memperoleh ilmu pengetahuan tentang seluk beluk budidaya  Ikan.

d.   Tujuan Pembelajaran
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang pengertian dan jenis ikan konsumsi di wilayah setempat dan lainnya pada pertemuan ini.

e.    Cakupan pembelajaran
   Guru menjelaskan cakupan pembelajaran tentang pengertian dan jenis ikan konsumsi di  wilayah setempat dan lainnya pada pertemuan ini.

2. Kegiatan Inti (60 menit)
a.    Mengamati:
Untuk lebih nyata dalam memberi gambaran pada peserta didik tentang berbagai jenis ikan konsumsi, serta untuk memotivasi peserta didik mempelajari bab ini, maka peserta didik diminta melakukan pengamatan dengan cara membaca berbagai sumber belajar (buku, majalah, koran, dan internet) agar dapat mendeskripsikan pengertian dan keberagaman budidaya ikan konsumsindan melatih tanggung jawab, kemandirian dan bekerjasama.

b.  Menanya
Melalui tanya jawab dengan peserta didik guru menggali pengetahuan peserta didik tentang ikan konsumsi yang mereka kenal sebagai ikan konsumsi yang dapat dibudidayakan.

c.   Mengeksplorasikan/mengumpulkan data
Peserta didik diminta melakukan observasi tentang ikan konsumsi yang ada di wilayah setempat agar dapat mengidentifikasi jenis-jenis ikan konsumsi berdasarkan ciri-cirinya , menunjukkan keunggulan produk ikan konsumsi, dan keberagaman produk budidaya ikan konsumsi dengan benar. Penga-matan selanjutnya dilakukan oleh peserta didik di luar sekolah untuk mengetahui lebih jelas langkah-langkah budidaya ikan konsumsi.
d. Mengasosiasikan
Hasil pengamatan peserta didik dilaporkan dalam bentuk laporan tertulis observasi yang berisi tentang jenis-jenis ikan konsumsi berdasarkan ciri-cirinya , keunggulan produk ikan konsumsi, dan keberagaman produk budidaya ikan konsumsi.

e.  Mengkomunikasikan
Peserta didik diminta untuk mampu menjelaskan alat dan bahan yang digunakan dalam budidaya ikan konsumsi dan mendemonstrasikan cara penggunaannya dengan benar, teliti, dan rapi. 

3.    Penutup (10)
a.    Simpulan
    Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan    tentang pengertian dan jenis ikan konsumsi.
Peserta didik diberikan arahan tentang keberagaman budidaya ikan konsumsidan keunggulan ikan konsumsidi wilayah setempat.

b.   Evaluasi
    Memberikan pertanyaan singkat kepada peserta didik tentang pengertian dan jenis ikan konsumsi.

c.    Refleksi
    Meminta umpan balik pada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada peserta didik.

d.   Tindak Lanjut
    Peserta didik diberi tugas membaca buku dan literatur lain yang berkaitan dengan sarana produksi budidaya ikan konsumsi.

e.    Penutup
    Berdoa dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.

PERTEMUAN 2
1.    Pendahuluan (10 menit)
a.     Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
b.     Motivasi
Kemarin kamu sudah mempelajari tentang jenis-jenis ikan konsumsi berdasarkan ciri-cirinya, keunggulan produk ikan konsumsi, keberagaman produk budidaya ikan konsumsi, dan sarana produksi (alat dan bahan) budidaya ikan konsumsi. Apakah kamu masih tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai tahapan budidaya ikan konsumsi?



c.      Apersepsi
Jika kamu penasaran untuk mengetahuinya, itu tandanya kamu pasti ingin mencoba mempraktikkannya. Nah dengan belajar tahapan budidaya ikan konsumsi, kamu akan memperoleh bekal yang cukup untuk mencoba di rumah, minimal di halaman rumahmu.

d.   Tujuan Pembelajaran
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang Sarana Produksi Budidaya Ikan konsumsi pada pertemuan ini.
e.    Cakupan pembelajaran
Guru menjelaskan cakupan pembelajaran tentang Sarana Produksi Budidaya ikan konsumsi  pada pertemuan ini.

2. Kegiatan Inti (60 menit)
a.  Mengamati
Peserta didik melakukan pengamatan dengan cara membaca tentang sarana produksi (alat dan bahan) budidaya ikan konsumsimelalui berbagai sumber belajar (buku, majalah, koran, dan internet) agar dapat menjelaskan dengan benar dan melatih tanggung jawab, kemandirian, dan bekerjasama.

a.     Menanya
Melalui tanya jawab dengan peserta didik guru menggali pengetahuan peserta didik tentang sarana produksi (alat dan bahan) budidaya ikan konsumsi.

c. Mengeksplorasikan/mengumpulkan data
Peserta didik mengidentifikasi sarana produksi (alat dan bahan) budidaya ikan konsumsi yang ada di wilayah sekitar tempat tinggal melalui observasi.

     d. Mengasosiasikan
Peserta didik mendemonstrasikan penggunaan alat yang digunakan dalam budidaya ikan konsumsi dengan benar, penuh disiplin dan rasa tanggung jawab, agar alat terpelihara dengan baik.

     e. Mengkomunikasikan
Peserta didik dapat menanggapi dan mengomentari demonstrasi penggunaan alat yang dilakukan oleh teman  lain dengan penuh percaya diri.

3.  Penutup (10 menit)
a.   Simpulan
Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang sarana produksi budidaya ikan konsumsi.
Peserta didik diberikan arahan tentang penggunaan alat yang benar sesuai dengan kegunaannya dan penggunaan bahan sesuai dengan tujuan budidaya.

b.     Evaluasi
Memberikan pertanyaan singkat kepada peserta didik tentang sarana produksi budidaya ikan konsumsi.
c.       Refleksi
Meminta umpan balik pada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada peserta didik.

d.     Tindak Lanjut
Peserta didik diberi tugas membaca buku dan literatur lain yang berkaitan dengan teknik budidaya ikan konsumsi.
e.      Penutup
            Berdoa dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran


PERTEMUAN 3
1. Pendahuluan (10 menit)
a.  Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
b.  Motivasi
Kemarin kamu sudah memahami bagaimana menggunakan alat dengan benar dan bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam budidaya ikan konsumsi. Masih inginkah kamu mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana teknik budidaya ikan konsumsi? Apakah kamu termasuk anak yang suka tantangan? Kalau ya, maka harusnya kamu tertarik untuk mempelajari bab berikut ini, karena berkaitan dengan keberanianmu mencoba berbagai teknik budidaya ikan konsumsi?

c.  Apersepsi
Peserta didik memperhatikan penjelasan tujuan pembelajaran yang disampaikan guru dan materi yang akan dipelajari pada pertemuan ini.
  
d.   Tujuan Pembelajaran
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang Teknik dan Tahapan Budidaya Ikan konsumsi.

e.    Cakupan pembelajaran
Guru menjelaskan cakupan pembelajaran tentang Teknik dan Tahapan Budidaya Ikan konsumsi serta Proses Penanaman Ikan konsumsipada pertemuan ini.

2. Kegiatan Inti (60 menit)
a.  Mengamati
Peserta didik melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak tentang teknik budidaya ikan konsumsidi daerah setempat melalui berbagai sumber belajar (buku, majalah, koran, dan internet) agar dapat menjelaskan langkah-langkah teknik budidaya dengan benar dan melatih tanggung jawab, kemandirian, dan bekerjasama.

      b.  Menanya
Melalui tanya jawab dengan peserta didik guru menggali pengetahuan peserta didik tentang berbagai konsep dan prosedur budidaya ikan konsumsisecara sistematis dan benar.
       c.  Mengeksplorasikan/mengumpulkan data
            Peserta didik melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan dan teknik budidaya ikan konsumsiagar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan mensyukuri anugrah Tuhan.
       d. Mengasosiasikan
Peserta didik dapat menuliskan langkah-langkah prosedur budidaya ikan konsumsidalam bentuk bagan yang meliputi pembibitan, pengolahan tanah, penanaman, pemeliharaan, panen, dan pasca panen secara sistematis dan benar bersama kelompok-nya.
       e.  Mengkomunikasikan
            Peserta didik dapat mendiskusikan bagan prosedur budidaya ikan konsumsiyang dibuatnya dengan kelompok lain.

3.  Penutup (10 menit)
a.    Simpulan
Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang teknik budidaya ikan konsumsi.
Peserta didik diberikan arahan tentang prosedur dan langkah-langkah budidaya ikan konsumsi agar dapat menjadi bekal pada saat praktik budidaya nantinya.

b.     Evaluasi
Memberikan pertanyaan singkat kepada peserta didik tentang teknik  budidaya ikan konsumsi.

c.      Refleksi
Meminta umpan balik pada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada peserta didik.

d.     Tindak Lanjut
Peserta didik diminta membaca di rumah dan menggali informasi dari berbagai sumber belajar yang dapat digunakan, seperti buku, majalah, koran, maupun menelusuri dari internet, terutama yang berkaitan dengan wadah dan ikan konsumsi  yang kemungkinan cocok dibudidayakan di wilayah setempat.

e.      Penutup
Berdoa dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.


PERTEMUAN 4
1. Pendahuluan (10 menit)
a.  Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
b.  Motivasi
Kemarin kamu sudah mempelajari tentang prosedur budidaya ikan konsumsidan juga telah menelusuri informasi tentang bagaimana cara budidaya ikan konsumsi. Apakah kamu menjadi tambah tertarik untuk mempraktikannya?

c.  Apersepsi
Jika kamu penasaran untuk mengetahui lebih lanjut tentang budidaya ikan konsumsi, tandanya kamu pasti ingin mencoba mempraktikannya. Nah pada pertemuan kali ini kamu akan praktik bersama-sama dengan kelompokmu untuk membudidayakan ikan konsumsi?

d.   Tujuan Pembelajaran
   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang Praktik Budidaya Tanaman    Sayuran pada pertemuan ini.

e.      Cakupan pembelajaran
   Guru menjelaskan cakupan pembelajaran tentang Praktik Budidaya Tanaman   Sayuran  pada pertemuan ini.

2. Kegiatan Inti (60 menit)
a.  Mengamati
Peserta didik melakukan pengamatan  pertumbuhan  ikan konsumsiyang akan dibudidayakan sesuai dengan kondisi dan sumber daya wilayah setempat dengan mengusahakan jenis ikan konsumsi yang berbeda dengan kelompok lainnya.

      b.  Menanya
Melalui tanya jawab dengan peserta didik guru menggali argumentasi dan alasan pemilihan ikan konsumsi untuk dibudidayakan dalam praktik.

       c.  Mengeksplorasikan/mengumpulkan data
            Peserta didik melakukan kegiatan observasi wadah yang cocok  untuk budidaya dan pembelian bibit ikan konsumsiyang baik untuk dibudidayakan agar budidaya benar-benar berhasil dengan baik.
                      
       d. Mengasosiasikan
Peserta didik mempraktikkan tahapan budidaya ikan konsumsi  pemeliharaan dengan menggunakan sarana produksi dan peralatan budidaya yang telah dipersiapkan dengan menunjukkan sikap kerjasama dan toleran.


       e.  Mengkomunikasikan
Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil praktik penanaman ikan konsumsiyang telah dibuat dalam bentuk laporan tertulis dengan penuh percaya diri dan tanggung jawab.

3.  Penutup (10 menit)
a.    Simpulan
Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang hasil praktik budidaya ikan konsumsi.
Peserta didik diberikan komentar dan pembahasan atas ketidak berhasilan dari kelompok-kelompok yang gagal dalam membudidayakan ikan konsumsi.

b.     Evaluasi
Melakukan penilaian terhadap hasil praktik maupun presentasi peserta didik.

c.       Refleksi
Meminta umpan balik pada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada peserta didik.

d.     Tindak Lanjut
Peserta didik diberi tugas mendiskusikan kekurangan yang terjadi dari hasil praktik budidaya ikan konsumsiyang telah dilakukan bersama kelompoknya.

e.      Penutup
Berdoa dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.


I. Penilaian

1.    Sikap spiritual
a.      Teknik                      : observasi
b.      Bentuk instrumen   : lembar observasi
c.       Instrumen                : Instrumen untuk guru Lampiran 1
d.                                         Instrumen untuk peserta didik Lampiran 2
e.       Kisi-kisi

Indikator
Butir Penilaian
1.      Cinta tanah air
2.      Rasa syukur
3.      Menjaga lingkungan hidup
1
2 - 3
4 – 5

2.    Sikap sosial
a.      Teknik                  : observasi
b.      Bentuk nstrumen: lembar observasi
c.       Instrumen           : Instrumen untuk guruLampiran 1
                               Instrumen observasipeserta didikLampiran 3
d.      Kisi-kisi
Indikator
Butir Penilaian
1.   Jujur
2.   Kerjasama
3.   Toleransi
1
2 - 3
4 – 5

3.    Pengetahuan
a.      Teknik Penilaian             :  Tes tertulis
b.      Bentuk instrument                      :  Tes uraian
c.       Instrumen                                    :  Terlampir (Lampiran 4)
d.        Kisi-kisi
Indikator
Butir Penilaian
1.      Mendiskripsikan
2.      Menjelaskan
3.      Memahami
4.      Analisis
1
2
3
4 – 5

4. Keterampilan
a.Teknik                                  : observasi
b.Bentuk instrument  : lembar observasi
c. Instrumen                           : Terlampir (instrumen 5)
d. Kisi-kisi
Aspek Keterampilan
Butir Penilaian
1.      Ide/gagasan
2.      Kreatifitas
3.      Keseuaian prosedur kerja
4.      Uji karya
5.      Estetika
6.      Bentuk pelaporan
7.      Presentasi
8.      Sikap
Soal uji kinerja

                                                                      
             Jakarta, .............................. 2014
Mengetahui                                                              
Kepala SMP                                                                          Guru Mata Pelajaran



________________________                                                _________________________
NIP. ...                                                                                                NIP. ...


LAMPIRAN

1.         Contoh wadah  budidaya ikan

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjZJRpghsGWi8usdp-0s7hWCCIHdL0Vw58iT7kIN1s_4nyC6f8SWEipw0ItPdwC4Md5Mg-RRdVjFC5uggqu3oC60-NF8oBDEckAFhlok2m8ucMKnEiWgsd9_BuR9LYm5B0Wcq7J8BFs/s320/IMG_0028.jpg

Dengan mengunakan terpal
http://ts1.mm.bing.net/th?id=HN.608028053458915196&pid=15.1&H=105&W=160

http://ts1.mm.bing.net/th?id=HN.608003877083153760&pid=15.1&H=120&W=160




2.      MACAM-MACAM IKAN
http://ts1.mm.bing.net/th?id=HN.607991400205321248&pid=15.1&H=128&W=160


http://ts4.mm.bing.net/th?id=HN.608055408098937487&pid=15.1&H=120&W=160




http://ts1.mm.bing.net/th?id=HN.608026825090403056&pid=15.1&H=120&W=160

4 komentar:

LATIHAN SOAL PRAKARYA KELAS 8 SEMESTER GENAP

https://drive.google.com/file/d/1TUV4_er1luskx-GoCb2RyNftxl0iUCkX/view?usp=sharing